,

Apa perbedaan mode Sleep dan Hibernate pada Windows

Windows telah menyediakan berbagai pengaturan daya yang sangat berguna apabila kita sedang tidak menggunakan komputer desktop. Dan di antaranya adalah Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep dan pengaturan kecil lainnya yang sangat berguna bagi kalian yang pengguna laptop. Dan berikut ini adalah perbedaan di antara mereka.

perbedaan sleep hibernate dan hybrid sleep

Mode Sleep

Mode Sleep adalah cara Windows untuk menghemat daya sama seperti saat mem-pause DVD. Jadi semua proses yang ada akan berhenti dan semua dokumen yang sedang dibukan akan disimpan di memori Ram selagi komputer sedang sleep. Secara teknis sebenarnya komputer dalam keadaan hidup, namun menggunakan sedikit daya saja. Dan kita juga dapat menyalakannya kembali dalam hitungan detik tanpa harus menunggu lama seperti saat menyalakan komputer pertama kali. Bisa dibilang sleep sama dengan kondisi “standby”.

Hibernate

Mode hibernate sangat mirip dengan mode sleep, hanya saja hibernate tidak menyimpan dokumen yang sedang dibuka di Ram namun di Hard disk. Dan di mode ini komputer di ijinkan untuk mati sepenuhnya, artinya komputer tidak mengonsumsi daya sama sekali. Bila komputer dinyalakan maka dokumen yang program yang bekerja tidak akan hilang sama seperti mode Sleep. Hanya saja waktu yang dibutuhkan lebih lama (Namun bila kamu menggunakan hard disk SSD, perbedaannya dengan mode sleep tidak terlalu beda.

Sekali kita menggunakan mode ini, baterai laptop tidak akan berkurang, dan dokumen juga tidak hilang.

Hybrid Sleep

Hybri sleep adalah kombinasi dari mode Sleep dan Hibernate yang khusus untuk komputer desktop. Mode ini akan menyimpan dokumen dan aplikasi di memori Ram dan juga hard disk dan hanya menggunakan sedikit daya serta dapat menyala dengan cepat seperti layaknya mode sleep. Mode

Hybrid Sleep sangat berguna bagi komputer desktop yang jauh dari sumber listrik (misalnya mau dipindahkan, jadi di hybrid sleep dulu). Saat dinyalakan windows akan mengakses dokumen dan aplikasi yang adad lewat hard disk apabila akses ke memori Ram tidak bisa.

Cara mengaktifkan mode Sleep dan Hibernate

Di windows 10 cara mengaktifkannya tinggal klik windows, klik tombol Power lalu pilih Sleep atau Hibernate.

perbedaan sleep hibernate dan hybrid sleep - Copy

Kalau kamu tidak menemukan  pilihan tersebut mungkin inilah beberapa penyebabnya:

  • Kartu VGA kamu tidak suppport Sleep mode. Coba update driver VGA card yang terbaru.
  • Kamu tidak punya hak untuk mengaksesnya, kamu harus jadi administrator dulu, atau ubah pengaturan hak permisinya.
  • Mode Power Saving mungkin di matikan di BIOS. Untuk menghidupkannya restart laptop/komputer, tekan f2/del/f10 tergantung mereknya. Setelah masuk bios silahkan nyalakan fitur power saving kalau sudah simpan dan restart.
  • Untuk mode Hibernate bila tidak ada di Windows 8 dan 10, ini karena secara default memang sengaja di hidden. Untuk menampilkannya baca cara mengaktifkan fitur hibernate di windows 8.

Cara menghidupkan komputer dari mode Sleep atau Hibernate

Kebanyakan komputer maupun laptop akan hidup jika kita menekan tombol power. Tapi ada juga perbedaannya untuk setiap jenis laptop dan komputer. Kadang untuk menghidupkannya cukup dengan menekan tombol keyboard secara sembarang atau menekan tombol mouse. Bahkan hanya dengan menggeser mouse dan menyentuh touchpad sudah cukup menyalakan laptop dari sleep. Intinya tergantung dari merek laptop dan komputer masing-masing, coba lihat buku panduan penggunaannya.

Dan untuk mencegah komputer atau laptop agar tidak sleep alias terus menyala lihat instruksinya disini.

Apa perbedaan mode Sleep dan Hibernate pada Windows Apa perbedaan mode Sleep dan Hibernate pada Windows Reviewed by Arif Wicaksono on 12:32 AM Rating: 5

5 comments:

  1. sekilas, kedua mode tersebut memang hampir mirip sih.

    ReplyDelete
  2. jadi harus diaktifkan dulu ya mode hibernate nya? bukannya sudah tersedia dalam mode default windows?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di WIndows 10 harus di aktifkan dulu om, pertama kali ane install windows 10 hibernatenya memang tidak ada, cuma sleep, shutdown, sanam sign out aja.

      Delete
  3. baru tau nih, makasih banyak buat infonya bro

    ReplyDelete

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Powered by Blogger.