Jangan menghapus gambar foto blog sembarangan

Keberadaan gambar atau foto pada suatu blog adalah hal yang wajib. Selain sebagai pelengkap postingan juga sebagai wakil dari isi artikel sehingga bisa menarik pengunjung untuk membacanya. Namun ada beberapa blogger yang sengaja maupun tidak sengaja menghapus gambar yang terdapat di akun googlenya tanpa mengetahui akibatnya, salah satunya ialah mengakibatkan gambar di suatu postingan menghilang.

Atau gambar yang dihapus yang dihosting oleh orang lain dan kita mengcopynya. Karena orang tersebut menghapus gambarnya maka ototmatis gambar yang ada di blog kita juga ikut menghilang

Gambar laptop keren blog

Walaupun gambar atau foto yang sudah dihapus bisa dikembalikan namun blog membutuhkan waktu agar tampilan postingan bisa kembali seperti semula. Saat mengembalikan foto yang sudah dihapus, biasanya alamat URL foto tersebut berbeda dari sebelumnya sehingga artikel blog harus di perbarui untuk mengganti URL foto yang lama dengan yang baru.

Ada beberapa penyebab dan alasan mengapa sebuah foto yang dihapus bisa menyebabkan beberapa masalah, yakni

  1. Menghapus foto dari Google/Picasa
  2. Menghapus foto dari komputer lain
  3. Menghapus akun yang mempunyai foto
  4. Mengembalikan foto yang terhapus tidak selalu membantu

Menghapus foto dari Google / Picasa

Foto yang di host di Google Photos maupun Picasa yang digunakan untuk keperluan artikel blog akan menghilang jika dihapus dari Google Photos maupun Picasa tadi. Foto yang hak permisinya di ubah ke mode private di Google Photos dan Picasa juga akan menghilang dari blog karena pengunjung maupun admin blog tidak memiliki hak permisi yang sama.

Pemilik blog biasanya menghapus atau membuat mode private terhadap foto-fotonya tanpa mengetahui konsekuensi dari perbuatannya

Menghapus foto dari komputer atau perangkat lain

Komputer lain milik kamu atau smartphone yang memiliki kamera, mungkin kamu berkeinginan mengunggahnya ke google kemudian menghapus foto yang ada di memori internal dengan tujuan untuk menghemat ruang penyimpanan. Jika menggunakan Library Foto yang tersinkronisasi maka apabila menghapus foto yang ada di kamera, foto yang ada di google juga ikut terhapus dan foto yang dipublikasikan di blog juga ikut menghilang.

Menghapus akun yang memiliki foto

Bila blog kamu memiliki beberapa author dan kamu menghapus salah satu author tersebut, maka foto pada artikel blog yang dimiliki oleh author tersebut akan ikut terhapus.

Banyak para blogger yang memindahkan kepemilikian blog kepada akun lain yang mereka miliki dan kemudian menghapus admin blog sebelumnya tanpa mempertimbangkan nasib foto yang diunggah akun sebelumnya.

Mengembalikan foto yang terhapus tidak selalu membantu

Foto yang dipulihkan setelah dihapus biasanya memiliki masalah lain yaitu alamat URL blog tidak selalu sama sehingga terkadang foto pada blog tidak tampil.

Seseorang yang menulis artikel dengan mode tampilan HTML bisa memutuskan untuk mengubah setiap artikel dan memperbaiki URL foto yang dipulihkan. Namun, kebanyakan pemilik blog lebih memilih untuk meng-upload fotonya lagi dengan cara “insert image”. Hal ini selain menyebabkan duplikasi juga mengurangi ruang penyimpanan.

Jangan menghapus gambar foto blog sembarangan Jangan menghapus gambar foto blog sembarangan Reviewed by Arif Wicaksono on 12:15 AM Rating: 5

1 comment:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Powered by Blogger.