Cara custom domain blogspot dengan domain sendiri

Bagi blogger blogspot, setelah mempunyai domain sendiri maka hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengubah domain .blogspot.com agar berubah dengan domain yang sudah kita beli. Misal nama blog sebelumnya adalah arifuw.blogspot.com, setelah diganti menjadi seperti ini arifuw.com.

Pengubahan nama domain tersebut biasa disebut dengan custom domain. Proses custom domain dilakukan dengan mengatur dns server di tempat anda membeli domain dan pengaturan di menu blogger.

custom domain

Pada DNS server kita harus mengubahnya dengan DNS google sedangkan pada blogger kita harus menambahkan nama domain kita di URL pihak ketiga agar blog nantinya redirect ke nama domain tersebut.

Proses custom domain untuk blogspot sangat mudah langkah-langkahnya, yang membedakan hanya tampilan domain managernya. Tampilan domain manager di Niagahoster tempat saya membeli terlihat baik dan mudah dimengerti, tapi mungkin berbeda bila anda membelinya ditempat lain.

Tanpa pakai lama, langsung saja yang pertama silahkan buka dashboard blogger anda kemudian pilih menu Setelan, pada bagian + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda masukan nama domain yang sudah anda beli lalu klik Simpan.

Bila anda mendapatkan pesan error, tidak usah khawatir, memang begitu kok. Biarkan saja dan jangan di close tabnya. Nanti data yang saya beri tanda merah itu digunakan untuk dimasukan ke DNS Management pada domain.

setting-custom domain-01

Sekarang buka pengaturan DNS Management domain anda. Bila anda membelinya di Niagahoster bisa dibuka lewat sini https://www.niagahoster.co.id/client lalu klik Kelola kemudian pilih DNS Management.

Bisa anda lihat dibawah daftar nameserver yang harus anda gunakan bila ingin menggunakan DNS Management. Copy name server tersebut lalu klik menu Nameservers, pastekan nameserver tersebut dari kolom namserver 1 sampai 4 lalu klik Update.

Tampilan Domain manager silahkan menyesuaikan bila anda membelinya selain di niagahoster.

setting-custom domain-02

Bila sudah di Update nameservernya, sekarang kita kembali ke menu DNS Management. Buatlah record baru dengan klik Add New Record. Buatlah 2 buah record tipe CName dan 4 buah record tipe A record. Untuk lebih jelasnya, baiknya saya tampilkan screenshotnya saja agar lebih mudah dipahami.

setting-custom domain-03

setting-custom domain-04

Untuk isian pada kolom Domain dan Hostname didapatkan dari setelan domain pihak ketiga pada Blogger tadi. Dan untuk setting A recordnya lihat screenshot dibawah ini.

setting-custom domain-05

Isian Domain di isi @ sedangkan pada IP or Hostname di isini dengan ip dibawah ini :

  • 239.32.21
  • 239.34.21
  • 239.36.21
  • 239.38.21

Bila sudah selesai maka kira-kira seperti ini tampilan record yang sudah dibuat.

setting-custom domain-06

Sekarang kembali ke menu setelan pihak ketiga di blogger tadi, dan klik Simpan. Proses pengubahan url ke domain baru membutuhkan waktu 1×24 jam maksimal. Bahkan mungkin 1 jam juga sudah berhasil teredirect .

Begitulah cara melakukan custom domain pada blogspot. Bila dirasa ada yang kurang dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Cara custom domain blogspot dengan domain sendiri Cara custom domain blogspot dengan domain sendiri Reviewed by Arif Wicaksono on 10:57 PM Rating: 5

No comments:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Powered by Blogger.