6 Hal yang di benci saat naik Bus Ekonomi

Bus sebagai sarana transportasi sangat diperlukan di kehidupan ini. Keberadaanya erat sekali dengan masyarakat Indonesia. Mulai dari pelajar, mahasiswa, orang dewasa, hingga pedagang pasar sering menggunakan transportasi ini selain angkutan umum (colt). Dari segi biayapun bisa dibilang murah dilihat dari jarak tempuhnya. Namun dengan biaya murah ini tentu saja ada beberapa kekurangan yang didapatkan.

42248f219832c059610aefb15398afa2

sumber gambar google

Pada postingan kali ini semuanya berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Berawal dari pengalaman pertama naik bus sendiri ke semarang hingga sampai sekarang ngekos di semarang buat belajar.

1. Tidak kebagian tempat duduk

bisbanget

sumber gambar google

Bila anda pengguna bus ekonomi maka pasti sudah sering mengalami hal ini. Dulu pas mau berangkat ke semarang ane sama bapak itu nunggu bus jam 11 malem jurusan purwokerto-Semarang. Itu pertama kalinya ane naik bus tengah malem bro, maklum anak rumahan jarang keluar Senyum dengan mulut terbuka. Nah pas dapet bus langsung dah ane sama bapak naik, dan ternyata apa ? Uwalahhhh penuh bingitsss, alhasil berdiri deh ane sekira 1 jam. kebayang ga tuh, untung akhirnya dapet kursi juga, kalo ga bisa muntah ane saking maboknya.

2. Di isi terus meski Bus udah penuh.

penumpang bis kota

sumber gambar google

Seorang supir dan kenek juga manusia, butuh uang buat makan anak istri. Okelah kalau cari penumpang sebanyak-banyaknya, tapi masak iya bus yang udah penuh dan sesak terus dijejali penumpang yang baru. Bagi penumpang yang duduk si masih mendingan ga capek berdiri, lha yang berdiri ? udah pegel, pengap juga musti waspada dompet ilang dicopet. Harusnya pemerintah segera membuat kebijakan agar bus dan angkutan umum lain membatasi penumpang sesuai kapasitas kendaraannya, soalnya saat ditikungan bahaya banget, bus serasa mau jatuh apalagi kalau supirnya ugal-ugalan, banyak banyak doa aja biar selamet. Owh iya lupa juga buat perempuan kasian banget, kebayang ga tubuhnya didempet-dempetin cowo asing, mending cuma di dempet lha kalo sampe colek-colek bisa bahaya bro.

3. Mesin bus mogok/rusak

Rombongan_Kafilah_Jawa_Barat_Dorong_Bus_di_Asrama_Haji

 sumber ilustrasi gambar google

Ini dia salah satu hal yang jadi biang kekesalan penumpang apalagi kalu bukan mesin mogok. Yah bukan mau nyalahin sopir atau kondekturnya sih masalah mesin mogok, mungkin juga karena busnya udah berumur jadi sering trobel. Dan bukan hal waktu yang terbuang saja yang jadi masalah namun kenyamanan juga terganggu. Biasanya bila bus mogok penumpang yang tertidur itu pada bangun, bayi pada nangis, pengap dan gerah, dan bau solar masuk ke dalam bus bikin pusing pokoknya gak banget dah semoga ga terjadi lagi sama ane.

4. Penumpang di oper ke bus lain

image.php

 sumber ilustrasi gambar google

Ini nih salah satu kejadian laknat bin males. Jika kalian mengalami fenomena ini kemungkinan besar kalian juga telah mengalami point e tiga yaitu bus mogok. Selain alasan bus mogok juga ada ada alasan lain kenapa penumpang bisa di oper ke bus lain yaitu karena penumpang terlalu sedikit. Iya bener lho, penumpang yang terlalu sedikit karena merugikan pihak Bus, biaya untuk beli solar sama bayar kondektur &sopir tidak tercukupi dengan sedikitnya ongkos penumpang yang dibayarkan.

5. Banyak Pengamen

808446_04064805072014_pengamen_jokowi

 sumber ilustrasi gambar google

Pasti Kalian udah ga asing lagi kan dengan yang namanya pengamen ? kalau biasanya pengamen tuh nyanyi dari rumah ke rumah, tapi yang ini dari bus ke bus, dari terminal ke terminal ? Kok pengamen bisa nyebelin sih ? Sebenarnya bukannnya benci sih ya, cuman jumlahnya itu lho banyak banget. Waktu ane pulang ke purbalingga dari Ungaran ke Bawen klo ga salah udah ada 5 pengamen yang naik turun bus, untung aku udah punya persediaan receh banyak klo ga pura pura tidur aja hehehe :v. Itu baru sampe Bawen, kesananya lagi udah jarang lagian ane pasti udah tidur jadi ga klo ada pengamen lagi.

5. Mabok coyyyy

Mabuk Kendaraan

 sumber ilustrasi gambar google

Kayaknya yang ini ga perlu dijelasin deh bro, ga darat ga laut ga udara yang namanya mabok udah jadi musuh utama para penumpang. Buat kalian yang udah ngerasain mabok pasti tahu gimana tersiksanya, iya ga ? Saat mabok kalian jadi pendiem pegangi perut, pengin cepet tidur, ato liat pemandangan diluar guna mengalihkan pikiran, tapi apa mau dikata bodi jalan yang gak rata apalagi klo ada tanjakan dan turunan sekaligus rasanya tuh ga karuan. Kalau yang udah kritis tinggal siap-siap aja pegang kantong kresek dan uweeeeeekszszszskszkskz….. untuk beberapa kejadian muntahannya itu bukan saja keluar lewat mulut tapi lewat hidung, kebayang ga ? perih dan pedesnya minta ampun. Sebagai pencegah usahakan minum Antimo 1 jam sebelum naik bus, ini bukan ikla loh ya tapi memang khasiat Antimo ga perlu ditanyakan lagi kalo perlu tiap 4 jam diminum lagi.

6. Kebelet Buang air dan BAB

url

Dari semua hal yang menyebalkan diatas kebelet boker adalah hal yang paling ditakuti setelah mabok. Gimana enggak kalo mabok masih bisa di kantong kresek, lha kalo mau berak ? apa iya di kantong kresek juga ? bisa bisa semua penumpang turun semua hehehehe :v. Kalau untuk kencing si masih bisa tunggu pom bensin lah juga bisa di masukin botol aqua. Kalau kebelet berak mau gak mau harus turun bus. Pengalaman aku dulu waktu berangkat ke semarang juga gitu, malem nya si udah kebelet berak tapi aku tahan truss paginya kok gak kerasa lagi, ya udah aku hiraukan, nah pas baru setengah jam perjalanan itulah beraknya minta keluar lagi, aku berharap semoga ini berak bisa ditahan 5 jam lagi tapi kayaknya ga mungkin akhirnya aku beraniin untuk turun bus. Setelah turun ane bingung soalnya sawah semua tapi syukur ada masjid, langsung deh aku bunag tuh semua kotoran. Pesen admin si selalu budayakan berak dan kensing sebelum perjalanan jauh biar ga kejadian kayak aku.

Sekian curhatnya hari ini semoga bermanfaat hehe, selamat malam dan terima kasih.

6 Hal yang di benci saat naik Bus Ekonomi 6 Hal yang di benci saat naik Bus Ekonomi Reviewed by Arif Wicaksono on 10:15 AM Rating: 5

No comments:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

Powered by Blogger.